Kesehatan Masyarakat - Public Health

Latihan Fitness Yang Benar



Pada kesempatan ini, saya akan share rangkuman dari beberapa artikel yang pernah saya baca mengenai "Pola Pembentukan Otot yang benar", mengingat tidak sedikit orang yang gagal dalam berfitness, sehingga bukan tubuh indah yang mereka dapatkan melainkan pegal-pegal dan capek, seperti orang yang ingin mengunjungi sebuah jalan, pasti harus tau jalannya kalau tidak maka orang itu akan kesasar dikarenakan tidak mengenali, mengerti dan memahami atas pedoman fitness yang mutlak untuk diketahui.
Berikut ini cara fitness yang benar yang harus kalian perhatikan:
  • Lakukan secara keseluruhan dalam arti carilah tempat fitness yang memiliki alat yang lengkap untuk melatih otot seluruh tubuh kamu atau sesuai dngan kebutuhan kamu. lakukan sesuai jadwal selama 5-6 bulan.
  • Kenali tipe tubuh kamu, karakter tubuh setiap orang mungkin akan masuk kedalam beberapa tipe yang ada, tidak hanya satu tipe saja. Sheldon membedakan tipe tubuh ke dalam 3 kategori, yaitu: Ectomorph (tubuh yang kurus), Mesomorph (tipe tubuh idaman/sangat mudah dibentuk), dan Endomorph (bentuk badan yang bulat). Sehingga kamu dapat mengambil tindakan yang tepat dalam berlatih.
  • Komitmen, masalah yang sering kali dihadapi beginner (pemula) adalah belum adanya komitmen dalam diri untuk terus tekun berlatih. Terkadang rasa malas lebih banyak mempengaruhi untuk pergi ke pusat kebugaran karena kurang semangat atau bahkan malu. Jika ini masalah kamu, mungkin dapat disiasati dengan memilih jadwal latihan selepas pulang kantor, misalnya jangan biarkan tubuh kamu menikmati empuknya sofa di rumah terlebih dahulu, ini yang akan membuat anda malas. Jangan dulu mengambil jadwal yang padat untuk latihan, 2-3 kali seminggu asal rutin sudah cukup ideal untuk menjaga kebugaran kamu. Bila perlu, langsung daftarkan diri anda menjadi member suatu club, namun pilih jadwal yang agak longgar.
  • Terapkan jadwal latihan 4 kali seminggu untuk melatih bagian otot tertentu dalam setiap sesi dengan frekuensi latihan semaksimalnya 1 jam atau 1 jam 30 menit untuk menghindari yang namanya over training. Dan ingat jangan melakukan latihan setiap hari karena pada saat istirahat atau off latihan, disitulah otot kamu melakukan pertumbuhan dan recovery bukan pada saat di gym.
  • Lakukan secara bertahap hitunglah beban dan memulai dari beban yang ringan. Hindari menggunakan beban yang berat secara langsung, karena hal ini sangat membahayakn otot kamu, jadi mulai dari beban yang ringan kemudian bertahap ke beban yang lebih berat. Jika kamu menggunakan beban yang langsung berat, kemungkinan kamu akan keseleo.
  • Gunakan cara yang tepat dengan cara menggunakan alat dan beban sesuai kebutuhan kamu, jangan paksakan otot kamu melalui beban yang terlalu berat secara berlebihan. Hal ini dapat menyebabkan cedera pada otot kamu.
  • Lakukan secara bertahap dalam artian semakin lama, semakin pertama dengan meningkatkan beban dan semakin menguras tenaga, misalnya latihan pada set pertama lakukan 15 kali dengan menggunakan beban 5 kg kemudian istirahatkan otot kamu dengan interval 30 detik, setelah itu mulai lagi dengan 10 kali menggunakan berat 7 kg dan seterusnya.
  • Untuk memperbesar ukuran otot dibutuhkan fase seperti pada point sebelumnya dan tidak untuk beban ringan dengan repetisi tinggi karena latihan ini bertujuan untuk memperkuat ketahanan otot kamu,mempertajam otot yang sudah besar tanpa membuatnya tumbuh dan berkembang.
  • Kardio, luangkan waktu kamu untuk hal ini setidaknya 30 menit di tredmil dengan jadwal 2 kali seminggu yang bertujuan untuk membakar lemak, menyeimbangkan kadar lemak, baik untuk kesehatan jaringan cardiovasculer tubuh kamu.
  • Pola makan sekalipun harus rutin dan terjadwal sebanyak 6 kali makan dalam sehari dengan porsi yang kecil dan memenuhi kebutuhan protein yang sesuai dengan berat badan kamu untuk tiap gramnya, karbohidrat tentunya berasal dari karbohidrat kompleks dan usahakan menjauhi karbohidrat sederhana, dan lemak tidak lebih dari (20%), serta vitamin dan mineral untuk mengoptimalkan fungsional tubuh kamu. Perbandingan Karbohidrat (50) : Protein (35) : Lemak (15). Selain itu, konsumsi untuk makan malam dilakukan 2 jam sebelum tidur agar menghindari penumpukan pada bagian perut dan sebaiknya konsumsi kamu pada malam harinya dengan kandungan karbohidrat rendah, tinggi serat dan tentunya tinggi protein.
  • Konsumsi Suplemen sesuai dengan kebutuhan kamu. Perlu digaris bawahi bahwa konsumsi suplemen misalkan Whey Protein dapat ditujukan bagi sejumlah orang yang tidak sempat memasok nutrisi dari makanan yang berperan selaku pemasok nutrisi utama atau ragu-ragu akan makanan apa saja yang mengandung protein, sehingga membuatnya untuk memilih suplemen sebagai konsumsi yang tidak bisa mereka tinggalkan.Dan yang sangat perlu bagi saya, jika kalian inginkan konsumsi suplemen adalah suplemen penambah stamina atau power (Creatine) selama berlatih dari pada konsumsi suplemen Whey, L-Glutamine dsb hanya menguras isi dompet karena Whey, L-Glutamine dsb dapat dengan mudah didapat dari konsumsi putih telur, dada ayam yang tentunya tanpa kulit, tempe, tahu, beras merah dsb.
  • Perbanyak konsumsi air putih mengingat sel-sel tubuh membutuhkan pasokan oksigen untuk hidup dan jangan sampai tubuh kamu dalam kondisi dehidrasi karena akan menghambat pertumbuhan otot yang sedang kamu latih.
  • Gunakan waktu tidur kamu selama 8 jam dalam sehari.
Finally, hanya itu saja yang bisa saya share mengenai 'Pola Pembentukan Otot Yang Benar' versi saya dan juga berdasarkan beberapa referensi yang saya dapatkan di media online. Jika ada yang kurang jelas, ingin ditanyakan, dan memberi saran, silakan tinggalkan komen kalian. 
Saya wajib mengatakan kepada kalian "TETAP SEMANGAT DAN SEMOGA LATIHAN YANG KALIAN CANANGKAN DAN TERAPKAN MEMBUAHKAN HASIL YANG OPTIMAL" see u next time guys !

0 komentar:

Posting Komentar